Selasa, 25 April 2017

Tutorial membuat program menggunakan checkbox radiobutton button dan textfield pada aplikasi NETBEANS

Salam~

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan petunjuk cara menggunakan radiobutton, checkbox, button, dan textfield dengan aplikasi NETBEANS.

Pada tutorial ini saya menggunakan contoh pemesanan kamar hotel. Radiobutton digunakan untuk memilih jenis kamar yang dibagi menjadi VIP, Kelas 1, Kelas 2, dan Kelas 3. Checkbox digunakan untuk memilih service tambahan. textfield untuk menginput sedangkan Button digunakan untuk memproses input.

Langsung saja berikut Tutorialnya


  1. Pertama buat Desainnya sesuai dengan keinginan masing-masing

  2. selanjutnya kita tambahkan label, txtfield, radiobutton,dan checkbox sesuai keperluan kita

  3. Berikan masing-masing variabel name pada label, textfield, radiobutton dan checkbox. Pada gambar berikut ini yang ada bertuliskan "(Label)" terdapat label yang diletakan pada panel tersebut untuk menampilkan hasil input dari panel sebelumnya tetapi dihilangkan textnya.


  4. setelah diberikan variabel, selanjutnya bisa kita tambahkan codingannya pada masing-masing tombol. pertama kita akan meng-coding pada tombol "PESAN". jika kita telah menginput data diri pada panel tersebut, setelah menekan tombol PESAN maka harganya akan muncul pada panel ke2. seperti gambar berikut


  5. dan codingannya seperti berikut
    private void pesanActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                      
            // TODO add your handling code here:
            float hvip=800000;
            float hkelas1=600000;
            float hkelas2=500000;
            float hkelas3=300000;
            float jkamar=Float.parseFloat(txtjumlahkamar.getText());
     if (jkamar<=5){
                peringatan.setText("");
            //coding radio button
            if (vip.isSelected()){
                hargakamar.setText(""+hvip);
            }else if (kelas1.isSelected()){
                hargakamar.setText(""+hkelas1);
            }else if(kelas2.isSelected()){
                hargakamar.setText(""+hkelas2);
            }else if(kelas3.isSelected()){
                hargakamar.setText(""+hkelas3);
            }
            //coding checkbox
            float lama=Float.parseFloat (txtlama.getText());
            float totalservice = 0;
            if (cbmakan.isSelected()){
                float makan = 200000;
                float jumlahmakan = lama * makan;
                totalservice = totalservice + jumlahmakan;
            }
            if (cbbarbeque.isSelected()){
                float barbeque = 300000;
                totalservice = totalservice + barbeque;
            }
            if (cbkendaraan.isSelected()){
                float kendaraan = 500000;
                totalservice = totalservice + kendaraan;
            }
            if (cbkamera.isSelected()){
                float kamera = 100000;
                totalservice = totalservice + kamera;
            }
            if (cbsepeda.isSelected()){
                float sepeda = 200000;
                totalservice = totalservice + sepeda;
            }
            if (cboutbound.isSelected()){
                float outbound = 100000;
                totalservice = totalservice + outbound;
            }
            hargaservice.setText(""+totalservice);

            float totalhargakamar=Float.parseFloat(hargakamar.getText());
            float totalkamar=totalhargakamar*jkamar*lama;
            hargakamar.setText(""+totalkamar);
            float disc=totalkamar/10;
            if (lama>=3){
                diskon.setText(""+disc);
            }else if(lama<=3){
                diskon.setText("Rp.0,-");}
            float total = totalkamar-disc+totalservice;
            totalharga.setText(""+total);
            float uang=Float.parseFloat(txtuang.getText());
            float kembalian = uang-total;
            txtkembalian.setText(""+kembalian);
            }else if(jkamar>=5){
                peringatan.setText("anda hanya bisa memesan kurang dari 5 kamar");
             }else if(jkamar==0){
                peringatan.setText("minimal pemesanan adalah 1");
            }
        }  

  6. setelah selesai dengan coding pada button PESAN, selanjutnya kita akan coding untuk button HITUNG. button HITUNG berguna untuk menghitung kembalian. setelah pemasukan uang di input maka ketika button HITUNG di tekan otomatis uang dikurangi dengan total harga seluruhnya dan muncul di label kembalian seperti gambar berikut.


  7. codingnya seperti berikut ini
    private void hitungActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                       
            // TODO add your handling code here:
            float uang=Float.parseFloat(txtuang.getText());
            float total=Float.parseFloat(totalharga.getText());
            float kembalian = uang-total;
            txtkembalian.setText(""+kembalian);
        }  

  8. Selesai dengan coding tombol HITUNG, sekarang kita akan coding tombol CETAK. Tombol Cetak berguna ketika pada panel kedua selesai menghitung dana yang dibutuhkan dan kembaliannya maka data diri serta pemilihan kamar dan service tambahan yang telah di input di panel pertama akan muncul pada panel ke 3 seperti gambar berikut.


  9. dan codingnya seperti berikut ini
    private void cetakActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                      
            // TODO add your handling code here:
            float hvip=800000;
            float hkelas1=600000;
            float hkelas2=500000;
            float hkelas3=300000;
            nama.setText(txtnama.getText());
            nomor.setText(textidentitas.getText());
            jumlahkamar.setText(txtjumlahkamar.getText());
            lamatinggal.setText(txtlama.getText());
            tanggal.setText(txttanggal.getText());
            if (vip.isSelected()){
                jeniskamar.setText(vip.getText());
            }else if (kelas1.isSelected()){
                jeniskamar.setText(kelas1.getText());
            }else if(kelas2.isSelected()){
                jeniskamar.setText(kelas2.getText());
            }else if(kelas3.isSelected()){
                jeniskamar.setText(kelas3.getText());
            }
            String serv ="";
            if (cbmakan.isSelected()){
                serv+=cbmakan.getText()+" ";
                service.setText(serv);}
            if (cbbarbeque.isSelected()){
                serv+=cbbarbeque.getText()+" ";
                service.setText(serv);}
            if (cbkendaraan.isSelected()){
                serv+=cbkendaraan.getText()+" ";
                service.setText(serv);}
            if (cbkamera.isSelected()){
                serv+=cbkamera.getText()+" ";
                service.setText(serv);}
            if (cbsepeda.isSelected()){
                serv+=cbsepeda.getText()+" ";
                service.setText(serv);}
            if (cboutbound.isSelected()){
                serv+=cboutbound.getText()+" ";
                service.setText(serv);}
        }                    

  10. Terakhir kita akan coding untuk tombol SELESAI. tombol SELESAI berguna untuk menghapus seluruh input dan output pada seluruh panel.


  11. berikut codingnya
    private void selesaiActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                        
            // TODO add your handling code here:
            txtnama.setText("");
            textidentitas.setText("");
            txtjumlahkamar.setText("");
            txtlama.setText("");
            txttanggal.setText("");
            txtuang.setText("");
            hargakamar.setText("");
            hargaservice.setText("");
            diskon.setText("");
            totalharga.setText("");
            txtkembalian.setText("");
            nama.setText("");
            nomor.setText("");
            jumlahkamar.setText("");
            lamatinggal.setText("");
            tanggal.setText("");
            jeniskamar.setText("");
            service.setText("");
            buttonGroup1.clearSelection();
            cbmakan.setSelected(false);
            cbbarbeque.setSelected(false);
            cbkendaraan.setSelected(false);
            cbkamera.setSelected(false);
            cbsepeda.setSelected(false);
            cboutbound.setSelected(false);
        }   



Dan itulah Tutorial membuat sebuah program dengan Radiobutton, Checkbox, Button, dan Textfield menggunakan aplikasi NETBEANS.

SEKIAN dan TERIMAKASIH ~

0 komentar:

Posting Komentar